0721-787214 info@darmajaya.ac.id Bantuan / HELPDESK Alumni Online |

Login ALumni : Npm Password

Menu
» Pengurus Pusat Alumni IBI Darmajaya


Iklim akademisi yang tercermin dalam implementasi realistis adalah sebuah idealisme baru yang membebani para alumni. Memunculkan sebuah kondisi yang terkdang kontraproduktif ketika implementasi yang diharapkan terkadang jauh api dari pandangan. Hal ini akan semakin mengikis mentalitas alumnus untuk berkompetisi sehat menuju sebuah perubahan individu. Kesadaran akan sebuah perubahan acap kali tidak disadari sedari dini. Hal ini sudah barang tentu akan memupuskan harapan ketika masuk pada sebuah retorika hidup pasca kelulusan.


IBI Darmajaya telah memiliki puluhan ribu alumni yang tersebar di berbagai penjuru nusantara. IIB Darmajaya menyadari bahwa alumni merupakan aset penting yang harus dirangkul dan dikembangkan. Salah satu indikator keberhasilan proses pendidikan dapat dilihat dari keberhasilan alumni dalam menjalankan peran mereka di jenjang pendidikan yang lebih tinggi maupun berbagai bidang pekerjaan yang mereka jalani secara profesional sesuai minat dan kemampuan. Alumni juga diharapkan mampu mengembangkan jaringan dan membangun pencitraan insitusi di luar. Pengembangan jaringan oleh alumni merupakan potensi strategis untuk membuka berbagai peluang dan meningkatkan daya saing almamater karena manfaatnya yang akan berdampak secara langsung pada mahasiswa dan sesama alumni. Bercermin pada beberapa hal diatas, tentunya tidak berlebihan jika diperlukan sebuah organisasi yang bersinggungan langsung dengan institusi secara langsung yang berposisi sebagai kelengkapan non struktural pada Institut Informatika & Bisnis (IIB) Darmajaya.


IKATAN ALUMNI DARMAJAYA (disingkat IKA-DJ) berdiri pada tanggal 14 Desember 2005. Kelahiran IKA-DJ diinisiasi oleh para mantan organisator kampus dan didukung oleh pihak Biro Kemahasiswaan yang menjabat pada saat itu. Hasil musyawaarah Alumni memutuskan memberikan mandat kepada Tim Formatur yang terdiri dari perwakilan alumni yang diketuai oleh Edy Mastoni, S.Kom dan Sekretaris Dwi Retno Wahyuningsih, S.Kom beserta anggota formatur sebanyak 34 Alumni Darmajaya untuk menyusun perangkat utama yaitu Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga serta menyelenggarakan Musyawarah Besar untuk memilih Kepengurusan IKA-DJ pertama.


Organisasi IKA-DJ diharapkan dapat menjadi payung terhadap alumni Darmajaya yang terdiri dari lulusan Strata 2, Strata 1, dan Diploma 3 baik yang berasal dari lulusan STMIK-STIE Darmajaya , maupun dari Institut Informatika & Bisnis (IIB) Darmajaya. Selain itu IKA-DJ dapat berperan sebagai jembatan media antara Almamater dan alumni untuk memberdayakan alumni sebagai upaya realistis untuk menciptakan kebersamaan serta membantu alumnus dengan program-program kerja yang berakar pada studi dan keilmuan guna mempersiapkan alumni yang berdaya saing tinggi dalam merespon dunia kerja. Kesinergian antara Almamater dan lulusan akan menjadikan faktor mutlak untuk tercapainya sebuah pencapaian yang diharapkan.


Kepengurusan Pertama IKA-DJ (Periode 2007 - 2009) dikukuhkan melalui SK Ketua Perguruan Tinggi Darmajaya No. SK.0758/DMJ/KTA/PKIII/VII-07 dengan struktural sebagai berikut: Davit Kurniawan, S.Kom sebagai Ketua; Wahyudi, S.Kom sebagai Sekretaris Umum; Rahmalia Syahputri, S.Kom sebagai bendahara; Edi Mastoni, S.Kom sebagai Ketua 1 (TI); Benny Arby Umran, A.Md sebagai ketua 2 (MI-SI); Arfan Arisandi, A.Md sebagai Ketua 3 (SK-TK); Dewi Arimbi, S.Kom sebagai Ketua 4 (AK); Aswin, SE sebagai ketua 5 (MA); Andi Gumai, S.Kom sebagai Kadiv. Komunikasi & Informasi; Yulmaini, S.Kom sebagai Kadiv.Litbang; Endri Januanto, S.Kom sebagai Kadiv. Pengembangan masyarakat; Mira Sesunan, S.Kom sebagai Kadiv. Pengembangan SDM; dan Prayugo, A.Md sebagai Kadiv. Pemberdayaan Anggota. Program kerja utama IKA-DJ pada saat itu adalah adalah melakukan inventarisasi anggota alumni konsolidasi organisasi, sosialisasi IKA-DJ,dan membantu alumniuntuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus.


Kepengurusan IKA-DJ Kedua (Periode 2011 - 2015) dikukuhkan melalui SK Ketua Perguruan Tinggi Darmajaya No. SK.0637/DMJ/REK/IX-11 dengan struktural sebagai berikut: Joni Susanto, S.Kom sebagai Ketua; Adi Sutrisno, S.Kom sebagai Sekretaris Umum; Sofyan Nur Hidayat, SE sebagai bendahara; Yulmaini, S.Kom., M.Sc sebagai Ketua 1 (TI); M.Farid Furghoni, S.Kom sebagai ketua 2 (SI-MI); Nufiana, S.Kom sebagai Ketua 3 (SK-TK); Yoga Adi Baskoro, SE sebagai Ketua 4 (AK-AD); Ferdiansyah, SE sebagai ketua 5 (MA); Restu Adi Nugroho, S.Kom sebagai Kadiv. Komunikasi & Informasi; Ari Purnomo, S.Kom sebagai Kadiv.Litbang; Ali Mursalin, SE sebagai Kadiv. Pengembangan masyarakat; Solehan, S.Kom sebagai Kadiv. Pemberdayaan Anggota; dan Niken Paramitasari, SE sebagai Kadiv. Kewirausahaan.


Kepengurusan IKA-DJ Ketiga (Periode 2016 - 2020) dikukuhkan melalui SK Ketua Perguruan Tinggi Darmajaya No. SK 640/DMJ/REK/IX-16 dengan struktural sebagai berikut:Firdaus Caniago, S.Kom sebagai Ketua; Neni Purwati, S.kom., M.T.I sebagai Sekretaris Umum; Tri Wahyuni, S.Kom., M.T.I sebagai bendahara; Mersi Effendi, S.kom sebagai Ketua 1 (TI); Solehan, S.Kom sebagai ketua 2 (SI-MI);Yoga Adi Baskoro, SE sebagai Ketua 3 (AK-AD); Bayu Septiadi, S.E sebagai ketua 4 (MA); Abraham Prahasto, S.Kom., MTI sebagai ketua 5 (TK-SK); Adi Jaya Saputra s.kom., M.TI.(Pascasarjana); Ricky Renaldo, S.Kom sebagai Kadiv. Komunikasi & Informasi; Ferly Ardhy, S.Kom., M.T.I sebagai Kadiv.Litbang; Andri Safrizal, S.Kom sebagai Kadiv. Pengabdian masyarakat; Tahang, S.Kom sebagai Kadiv. Pengembangan SDM; dan Zulheqi Herlan, S.E sebagai Kadiv. Kewirausahaan.


Visi IKA DJ :
“Terciptanya Keharmonisan Sesama Anggota Yang Bersinergi Dan Pemberdayaan Potensi Alumni Darmajaya Untuk Memberikan Manfaat Bagi Organisasi, Anggota, Dan Masyarakat”


Misi IKA DJ :
1. Mempererat dan membina hubungan professional dan kekeluargaan diantara alumni Darmajaya serta keluarga.
2. Mendukung para anggota untuk mengembangkan serta menerapkan ilmu dan keahlian secara professional guna dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi para anggota, almamater, masyarakat, bangsa dan Negara
3. Membantu meningkatkan peran almamater Darmajaya dalam melaksanakan Tri darma Perguruan Tinggi.
4. Melaksanakan & Memelihara hubungan kerjasama antara almamater Darmajaya, dengan IKA DJ.
5. Membina dan memelihara kerjasama dengan pemerintah, dunia usaha, organisasi profesi, organisasi keahlian, dan organisasi kemasyarakatan, serta lainnya.


Fungsi dan Peran Alumni
1. Berperan aktif untuk kemajuan Ikatan Alumni Darmajaya
2. Mengemban visi-misi Institut Informatika & Bisnis Darmajaya di dunia kerja
3. Berfungsi sebagai cermin keunggulan dan professional sumberdaya alumni Institut Informatika & Bisnis Darmajaya di dunia kerja
4. Beperan aktif memajukan dan mengembangkan Institut Informatika & Bisnis Darmajaya
5. Berperan aktif memberi pembekalan bagi lulusan baru Institut Informatika & Bisnis Darmajaya
6. Berperan aktif membuka lapangan pekerjaan bagi lulusan baru Institut Informatika & Bisnis Darmajaya
7. Berperan aktif menjalin kerja sama antar alumni dengan perusahaan dan institusi lain
8. Berperan aktif dan peka terhadap keadaan sosial antar alumni dan masyarakat


Pada Musyawarah Besar (Mubes) Ikatan Keluarga Alumni Darmajaya (IKADJ) tahun 2016 yang berlangsung di DSC, ditentukan tanggal 24 April sebagai Alumni Day Darmajaya, dimana kedepan setiap tahunnya akan diselenggarakan event-event untuk merekatkan persaudaraan antar alumni Darmajaya.


Daftar Nama Ketua IKA DJ dari masa ke masa :
Ketua Umum IKA DJ periode 2006-2010 : Davit Kurniawan, S.Kom., CCNA
Ketua Umum IKA DJ periode 2011-2015 : Joni Susanto, S.Kom., MM
Ketua Umum IKA DJ periode 2016-2020 : Firdaus Chaniago, S.Kom