0721-787214 info@darmajaya.ac.id Bantuan / HELPDESK Alumni Online |

Login ALumni : Npm Password

Menu
Knowlege, Soft Skills, dan Attitude Kunci Sukses di Dunia Kerja
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Kegiatan Alumni - Dibaca: 97 kali


Bandar Lampung – Dunia kerja saat ini membutuhkan lulusan-lulusan perguruan tinggi yang memiliki knowlege, soft skills, dan attitude. Hal itu disampaikan Direktur Operasional Bank Lampung, Mustopa Endi S. Hasibuan., MM saat menjadi pembicara dalam Diskusi Terbuka di Aula Pascasarjana Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya, 30 november 2016.


“Kunci sukses di dunia kerja maupun entrepreneur, lulusan perguruan tinggi harus memiliki knowlege yaitu ilmu pengetahuan yang diperoleh di kampus. Kemudian soft skills yakni kemampuan yang diasah secara terus menerus biasanya dibuktikan dengan sertifikat. Yang tak kalah penting attitude yaitu sikap yang menunjukkan kepribadian yang sopan, tangguh, percaya diri, jujur, dan prilaku positif lainnya,” jelas Ketua Asosiasi Ekonomi Kreatif (Aekraf) Lampung ini.


Diskusi Terbuka yang mengusung tema kesiapan perguruan tinggi dalam mencetak lulusan untuk menghadapi dunia kerja dan menjawab tantangan ASEAN Free Trade Area (AFTA) dan ASEAN Economic Community (AEC) diikuti puluhan peserta dari pimpinan perusahaan BUMN/BUMD dan swasta se Lampung, Rektor Darmajaya, wakil rektor I, II, dan III, ketua jurusan, sertapara dosen Darmajaya.


Selain Mustopa Endi S. Hasibuan., MM, kegiatan tersebut juga menghadirkan pembicara lainnya yakni Wakil Rektor Bidang Akademik dan Riset Darmajaya, Dr. RZ. Abdul Aziz, ST., MT dan Corporate Affair Regional Manager West Indonesia Coca-Cola Amatil Indonesia, Yayan Sopian, M.I.Kom.


Abdul Aziz mengungkapkan,selama ini terjadi kesenjangan antara banyaknya lulusan perguruan tinggi yang tidak sesuai dengan kebutuhan industri. Kurikulum perguruan tinggi juga tidak disesuaikan dengan kebutuhan stakeholder. Sehingga dibutuhkan kemitraan antara perguruan tinggi, industri, dan pemerintah untuk berperan menciptakan sumber daya manusia (SDM) berkualitas.Sementara menurut Yayan Sopian, M.I.Kom, perguruan tinggi semestinya tak hanya membekali mahasiswa dengan kemampuan hardskill saja, tetapi juga mengutamakan softskill, karakter, dan moral.


Sebelum Diskusi Terbuka, Darmajaya juga melakukan penandatangan Memorandum of Understanding(MoU) Program Apprentice dengan 11 perusahaan BUMN/BUMD dan swasta di Lampung. Penandatangan MoU dilakukan Rektor Darmajaya dengan pimpinan perusahaan PT Telkom Seluler, PT Bukit Asam, Bank Lampung, Bank BJB, PT Telkom Indonesia, PT Coca-Cola Amatil Indonesia, PT Tri Teguh Manunggal Sejati (Suntory Garuda), PT Tunas Dwipa Matra, KAP Zubaidi Komaruddin, PT Darmajaya Digital Indonesia (DJCorp), dan Usahaku.co.id.


Rektor Darmajaya, Ir. Firmansyah Y Alfian, MBA., MSc mengucapkan terimakasih kepada seluruh perusahaan BUMN/BUMD dan swasta di Lampung yang peduli dengan pendidikan dan bersedia bekerjasama dengan Darmajaya untuk Program Apprentice serta terlibat aktif dalam diskusi terbuka.


“Terimakasih banyak atas saran dan masukan membangun dari para pimpinan perusahaan yang hadir dalam diskusi terbuka. Hasil diskusi terbuka iniakan menjadi perbaikan bagi Darmajaya untuk terus berupaya membentuk lulusanberkompetensi, berkualitas, dan berdaya saing sesuai kebutuhan dunia kerja maupun wirausaha,” harapnya.(*)