0721-787214 info@darmajaya.ac.id Bantuan / HELPDESK Alumni Online |

Login ALumni : Npm Password

Menu
Yustin Ridho Ficardo Lirik SIDesa Darmajaya Masuk Program Gerbang Desa Saburai
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Kegiatan Alumni - Dibaca: 110 kali


Bandar Lampung – Duta Baca Provinsi Lampung, Yustin Ridho Ficardo mengapresiasi Sistem Informasi dan Layanan Administrasi Desa (SIDesa) yang ditampilkan Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya pada Pameran Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Provinsi Lampung, 21 september 2016


Tak sekedar memuji, Yustin juga tertarik mengajak SIDesa Darmajaya untuk bisa bekerjasama dalam program Gerakan Membangun Desa Sai Bumi Ruwa Jurai (Gerbang Desa Saburai) yaitu program  penanggulangan kemiskinan Pemerintah Provinsi Lampung.


“Program SIDesa Darmajaya sangat bagus untuk memberikan pemahaman teknologi informasi (IT) kepada masyarakat desa. Sepertinya misi ini selaras dengan Program Gerbang Desa Saburai yang diusung Pemprov Lampung. Mungkin lain kesempatan SIDesa Darmajaya bisa bergabung dengan Gerbang Desa Saburai,” ujarnya.


Menurut Yustin, SIDesa Darmajaya harus terus dikembangkan untuk mempermudah masyarakat memperoleh informasi dan meningkatkan pelayanan administrasi desa. Sehingga potensi desa dan kegiatan masyarakat bisa dipromosikan, diinformasikan melalui teknologi informasi yang dapat diakses oleh masyarakat se Provinsi Lampung, nasional bahkan internasional.


“SIDesa Darmajaya bisa membantu informasi dan pelayanan administrasi desa untuk lebih cepat, tepat, serta akurat. Selain itu, sistem CAT Darmajaya juga bagus untuk mempermudah proses seleksi atau tes masuk kepegawaian secara komputerisasi, tidak lagi manual, hasilnya bisa langsung terlihat, lebih cepat, sehingga lebih transparan dan efektif,” ujarnya.


Kunjungan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung ke stand Darmajaya ini juga didampingi Staf Ahli Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi Bidang Infrastruktur Hari Purwanto, Plt Sekretaris Provinsi Lampung Sutono, dan Kepala BPAD Provinsi Lampung Herlina Warganegara.


Sementara itu, Kepala Bidang Pengabdian Masyarakat, Lembaga Pengembangan Pembelajaran, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat (LP4M) Darmajaya, M. Ariza Eka Yusendra mengatakan, SIDesa Darmajaya telah diterapkan di Desa Tambahrejo, Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu dan dipresentasikan dihadapan Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Republik Indonesia (RI) di Jakarta.


“SIDesa Darmajaya sedang dikembangkan untuk diterapkan diseluruh desa di Kabupaten Pringsewu bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Pringsewu. Kami juga berharap sistem ini bisa diimplementasikan diseluruh desa lainnya se Provinsi Lampung bahkan nasional,” terangnya.


Lanjut Ariza, untuk CAT Darmajaya telah sering kali digunakan Kepolisian Daerah (Polda) Lampung dan Forum Bidan Desa (Forbides) Lampung untuk simulasi tes masuk. Dipaparkannya, tak hanya SIDesa dan CAT, stand Darmajaya pada pameran pusat peragaan IPTEK yang berlangsung 21-23 September 2016 juga menampilkan produk hibah IPTEK bagi Kreatifitas dan Inovasi Kampus (IbIKK) dosen Darmajaya berupa sistem otomasi diantaranya alarm anti maling, sistem antrian dokter, sistem antrian bank, portal otomatis, smart storage, produk hibah Penelitian Dosen Pemula Fuzzy Logic Controller dan lainnya.(*)